open access

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan strategi promosi terhadap volume penjualan perusahaan jasa perhotelan. Penelitian ini bersifat deskriptif explanatory. Dalam penelitian ini variabel strategi pemasaran yang teridentifikasi mempengaruhi volume penjualan (Y) pada perusahaan jasa perhotelan adalah periklanan (X1), promosi penjualan (X2), penjualan perseorangan (X3),dan publisitas (X4). Tehnik pengumpulan data pengamatan (observasi),wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini Strategi promosi sangat berperan dalam upaya peningkatan volume penjualan. Strategi promosi yang dipakai perusahaan jasa perhotelan meliputi: iklan,promosi penjualan, penjualan perorangan dan periklanan. . Dalam upaya meningkatkan kunjungan tamu hotel untuk peningkatan volume penjualan,hotel dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan yang telah ada saat ini dengan memberikan pelatihan kepada karyawan dan juga dengan memberikan berbagai fasilitas dan jaminan lainnya yang dapat meningkatkan kepuasan karyawan, serta memperbaiki metode-metode penjualan yang lebih baik serta meningkatkan alokasi biaya pada program promosi tersebut.