Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Mempengaruhi Kepuasan Konsumen di Bandar Udara Notohadi Negoro Jember
Main Article Content
Abstract
Transportation is a means that acts as a support, impetus and driving force. So that
people are more selective in choosing something, because people want services
and facilities that exceed consumer expectations. This study aims to determine the
effect of service quality and facilities on customer satisfaction at Notohadi Negoro
Airport, Jember. This study use two independent variables, namely the quality
service and facility with a dependent costumer satisfaction. After a literature
review and a hypothesis, the data for this study was collected through
questionnaires with a total of 100 respondens who used the services of Notohadi
Negoro Jember Airport as a research sample. The sampling technique used was
purposive sampling. The methods of data analysis used quantitative analysis,
validity test, reliablity test, the multiple regression analysis, t test, f test, and test of
determining factor.The result of this study indicate that they are valid and reliable.
In the hypothesis test, quality service and facility have a significant positive effect
on customer satisfaction. The result of the test of the determining coefficient in this
study obtained a determining value of 0,168 which means that the amplitude of the
influence of the variables quality service and facility on the satisfaction variable is
16,8%.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Menyataakan bahwa :
- Saya menyatakan bahwa artikel (judul artikel) adalah asli dan tidak pernah dipublikasikan sebelumnya atau akan dipublikasikan di tempat lain.
- Dengan publikasi, saya kirimkan hak cipta kepada Jurnal Manajemen dan Keuangan. Transfer Hak Cipta termasuk dalam hak untuk mereproduksi fotografi untuk artikel sejenis dan terjemahannya. Hal ini juga termasuk dalam hak untuk memasukkan artikel dalam sistem computer untuk disebarluaskan dalam jaringan tersebut.
Declare that :
- I hereby declare that I have submitted to the Jurnal Manajemen dan Keuangan for the above manuscript in origininal no part has been plagiarized and willing to pay a journal management fee.
- I, in consideration of the acceptance of the above work for publication, do hereby assign and transfer to the Jurnal Manajemen dan Keuangan, Management Department Universitas Samudra all of the rights, title, and interest in and to the copyright of the above titled work in its current form, including online supporting material (data supplements) submitted with the work, and in any form subsequently revised for publication and/or electronic dissemination, including translations to another language. I agree to the fact that any attempt to reproduce the text or figures may require their kind permission.
References
Aji, W. K. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien (Studi pada Pasien Klinik As Syifa di Kab. Bekasi). Universitas Diponegoro.
Andari, C. L. S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung (Studi Kasus Pengunjung The Sila’s Agrotourism). Universitas Sanata Dharma.
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.856
Bailia, J. F. T., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1768–1780.
Endang, E., & Cholidah, L. N. (2017). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Di Terminal Rajekwesi Bojonegoro. Jurnal Teknika, 9(2), 911–915. https://doi.org/10.30736/teknika.v9i2.55
Endarwita. (2013). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah tabungan bank BRI cabang simpang empat. Apresiasi Ekonomi, 1(3), 167–180.
Ermawati, P. W., Sudiro, A., & Khusniyah, N. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek dan Asosiasi Merek terhadap Ekuitas Merek pada Pelanggan Hypermarket di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(2), 373–386. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.2.19
Ginting, P. (2005). Pemasaran Pariwisata. USU press.
Harfika, J., & Abdullah, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Balance, XIV(1), 44–56.
Hasan, S. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra, Nilai Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien (Studi pada Industri Rumah Sakit di Kota Makassar). Aplikasi Manajemen, 8(1), 256–263.
Irfan, A. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Yang Diberikan Kenari Waterpark Bontang Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 82. https://doi.org/10.32507/ajei.v9i2.451
Kotler, P. (2010a). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P. (2010b). Prinsip - Prinsip Pemasaran (Sembilan). PT Indeks Gramedia.
Maharani, A. dhiah. (2010). Analisi Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasbah tabungan Bank Mega semarang. Diponegoro Journal of Management. https://doi.org/10.1002/j.2161-4296.1970.tb00024.x
Mardiyani, M. S. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Diponegoro Journal of Management. https://doi.org/10.37673/jmb.v2i2.516
Maryati, F., & NE.Husda. (2020). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada holiday hotel di kota batam. Jurnal Magisma, VIII(1), 19–26.
Maydiana, L. (2019). Pelanggan Pada Jasa Cuci Motor Mandiri Luthfia Maydiana Abstrak Tujuan peneliti ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada jasa cuci motor mandiri . Metode peneliti yang digunakan dalam penelitian ini y. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2), 444–450.
Moenir, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Bumi Aksara.
Muktiono, K. V. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Inti Dan Kualitas Pelayanan Periferal Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Word Of Mouth Pada Bengkel Pt. Nasmoco Gombel Semarang. Diponegoro Journal of Management.
Pane, A. M. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Zona Futsal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Pantilu, D., Koleangan, R. A. M., & Roring, F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warunk Bendito Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3723–3732. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21898
Prasetyo, W. B. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada swalayan luwes purwodadi ). Jurnal Manajemen Pemasaran, 1–13.
Pratiwi, M. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan harga, terhadap kepuasan konsumen di penginapan lebar daun palembang. Univeristas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media.
Puspita, R. M., & Santoso, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Pendukung Terhadap Kepuasan Pelanggan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 69–80. https://doi.org/10.26533/eksis.v13i1.145
Rahman, D. N. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pemancingan Ngrembel Asri Gunungpati Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Santosa, D. D. K. (2007). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Fasilitas Ruang Tunggu Terminal Bandara Adisutjipto. Universitas Sanata Dharma.
Sinaga, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Tamu Hotel Harmoni Batam.
Soegoto, A. S. (2013). Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 1271–1283.
Srijani, N. (2017). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Aston Madiun Hotel & Conference Center. 7, 31–38.
Sugiyono, P. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Supranto, J. (2016). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. PT Asdi Mahasatya.
Susilo, H. A., Lie, D., Butarbutar, M., & Efendi. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Siswa pada SMK Satrya Budi Karang Rejo. Jurnal MAKER, 1(1), 14–21.
Tjiptono, F. (2005). Service Marketing: Esensi & Aplikasi. Penerbit Marknesis.
Widuyah, W. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kelengkapan Fasilitas Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon [Institut Agama Islam Negri Syekh Nurjati Cirebon]. In Resources (Vol. 2, Issue 10). https://doi.org/10.1007/s11837-012-0378-1
William, & Purba, T. (2020). Kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel mazda di kota batam. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 1987–1996.
Yunus, & Budiyanto. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(12), 1–20.
Zeithaml, V.A. and Bitner, M. . (2006). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. McGraw Hill.