Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Implikasinya Terhadap Niat Membeli Ulang Vitamin Merek Holisticare Ester C Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kota Banda Aceh

  • Zenitha Maulida 085277020566
  • Dewi Rosa Indah Universitas Samudra
Keywords: Asosiasi Merek; Kesadaran Merek; Kepuasan Konsumen; Niat Membeli Ulang; Persepsi Kualitas.

Abstract

Pada masa pandemi covid 19 seperti sekarang ini, diperlukan vitamin untuk menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh serta memperkuat imunitas tubuh, Holisticare Ester C menghadirkan produk vitamin C yang berkualitas dalam membantu meningkatkan kesehatan dan imun tubuh. Dalam usaha untuk menghadapi persaingan yang ketat, pihak perusahaan selalu berupaya menyusun dan mengembangkan berbagai program dan strategi pemasarannya. Hal ini berkaitan dengan peningkatan kepuasan konsumen dan niat membeli ulang. Terciptanya kepuasan konsumen hingga timbulnya niat membeli ulang ini diperoleh karena adanya ekuitas merek yang kuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek dan persepsi kualitas terhadap kepuasan konsumen dan implikasinya terhadap niat membeli ulang Vitamin merek Holisticare Ester C pada masa pandemi covid 19 di Kota Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen vitamin Holisticare Ester C dan sampel yang ditarik dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 250 responden dengan teknik penarikan sampel secara convinience sampling. Hasil pengujian hipotesis secara simultan diperoleh hasil yang pengaruh yang signifikan, sementara terdapat perbedaan diantara model yang dikemukakan adalah pada pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek tidak mempunyai pengaruh yang siginifikan terhadap kepuasan konsumen Vitamin Merek Holisticare Ester C pada Masa Pandemi Covid 19 di Kota Banda Aceh, dan Pengujian hipotesis kedua secara parsial menunjukkan bahwa variabel asosiasi merek tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat membeli ulang Vitamin Merek Holisticare Ester C pada Masa Pandemi Covid 19 di Kota Banda Aceh.

References

Armstrong, Gary and Kotler, Philip (2011) Marketing an Introduction Global Edition. New Jersey : Prentice Hall.
Hakam,Malik, Sudarno dan Hoyyi Abdul (2015) Analisis Jalur Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Statistik UNDIP. Jurnal Gaussian 4 (1) 61-70. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/gaussian/article/view/8146
Irzandy, Mas Aga Haris, Suharyono, Arifin Zainul (2017) Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. (Survei Pada Pengguna Kartu Perdana Simpati Khusus Internet Di Grapari Telkomsel Cabang Kota Malang). Jurnal Administrasi dan Bisnis (JAB) 51(1), 151-158 http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/
Kartajaya, Hermawan (2000) Marketing Plus 2000 : Siasat Memenangkan Persaingan Global. Jakarta : Gramedia Utama.
Kerin, Roger. A, et all (2011) Marketing in Asia. New Jersey : Mc.Graw Hill Companies,Inc.
Malhotra, Naresh K (2005) Marketing Reseach: An Applied Orientation. Fourth Edition. New Delhi : Prentice-Hall Of India.
Maulida, Zenitha dan Nurbismi (2017) Pengaruh Kualitas dan Harga Air Minuman Dalam Kemasan Merek Ades Terhadap Kepuasan Konsumen di Kota Banda Aceh. Jurnal Si-Men (Akuntansi dan Manajemen) STIES 8(2), 79-92 http://jurnal.stiesabang.ac.id/index.php/simen/article/view/79
Ma’ruf, Jasman. J (2005) Riset Perilaku Konsumen : Niat Membeli Melalui Internet. Banda Aceh : Program Magister Manajemen Universitas Syiah Kuala.
Sarwono, Jonathan (2007) Analisis Jalur Untuk Riset Bisnis Dengan SPSS. Yogyakarta : Andi.
Schiffman, Leon G and Kanuk, Leslie Lazar (2011) Consumer Behavior. Tenth edition. New Jersey : Prentice Hall.
Warnaningtyas, Hartini (2008) Jurnal Sosial Volume 8 Nomor 1 Maret 2008. Madiun : Universitas Merdeka Madiun.
Published
2020-12-31
How to Cite
Maulida, Z., & Indah, D. R. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Implikasinya Terhadap Niat Membeli Ulang Vitamin Merek Holisticare Ester C Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(3), 332-351. https://doi.org/10.33059/jmk.v9i3.2654