Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Perpustakaan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Samudra

  • Meutia Dewi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra
Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas Perpustakaan, dan Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa Universitas Samudra. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.098 orang yang merupakan mahaiswa Universitas Samudra yang terdaftar tahun 2014, dengan jumlah sampel sebanyak 92 responden. Teknik pengamambilan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik probabilitas dengan cara random sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode regresi linier berganda, uji t dan uji F dengan persamaan regresinya yaitu Pb = 4,736 + 0,314Kp + 0,387Fp. Nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu sebesar 0,429 atau 42,9%. Uji t dapat dinyatakan bahwa kualitas pelayanan  berpengaruh positif (+) dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa, sedangkan uji t pada variabel fasilitas perpustakaan 4,918 dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan dapat dinyatakan bahwa variabel fasilitas perpustakaan memberikan pengaruh yang positif (+) dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Uji F dapat dinyatakan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas perpustakaan secara simultan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Universitas Samudra.

Published
2017-11-06
How to Cite
Dewi, M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Perpustakaan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Samudra. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 4(1). Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/269