Pengaruh Harga, Atribut Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Mio (Studi Kasus pada CV. Tiara Motor Langsa)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, atribut produk dan promosi secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian Yamaha Mio di Tiara Motor Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli Yamaha Mio di Tiara Motor Langsa dengan sampel sebanyak 64 orang. Metode analisis yang digunakan adalah pengujian hipotesis dengan uji t, uji F dan R2. Regresi linear berganda yang dihasilkan adalah KP = 4,059 + 0,317H + 0,350AP + 0,547P. Dalam pembuktian hipotesis melalui uji t dari hasil perhitungan dapat dinyatakan bahwa nilai thitung>ttabel (5,711>2,000), sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak, terbukti terdapat pengaruh harga, atribut produk dan promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian Yamaha Mio di Tiara Motor Langsa. Pembuktian hipotesis melalui hasil uji F diperoleh hasil Fhitung adalah sebesar 16,397 dan nilai Ftabel sebesar 2,76. Dari hasil perhitungan dapat dinyatakan bahwa nilai Fhitung> Ftabel (16,397 > 2,76), ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga, atribut produk dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian Yamaha Mio di Tiara Motor Langsa. Koefisien determinan (R2) sebesar 0,574 atau 57,4% menunjukkan bahwa Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh harga, atribut produk dan promosi sebesar 57,4%.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).