open access

Abstract

Tiket.com merupakan OTA terpopuler kedua di Indonesia setelah Traveloka. Dengan adanya kondisi New Normal karena Covid-19, Tiket.com beserta perusahaan OTA lainnya kembali berlomba untuk menciptakan terobosan terbaru untuk bisa menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat perilaku konsumen terhadap penggunaan layanan website Tiket.com dengan menggunakan model UTAUT 2 yang sudah dimodifikasi. Faktor ini terdiri dari Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, Hedonic Motivation, Price Value, Habit dan Website Quality serta Age dan Gender sebagai variabel moderator. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menjelaskan persepsi pelanggan terhadap variabel dan meneliti hubungan sebab akibat antara variabel berdasarkan hipotesis di dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner online melalui Google Form. Jumlah responden berjumlah 400 responden yang berdomisili di Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada enam faktor dalam model Modifikasi UTAUT 2 yang mempengaruhi minat perilaku (Behavioral Intention) dalam penggunaan layanan website Tiket.com. Sedangkan yang berpengaruh positif terhadap Use Behavior ada dua yaitu Behavioral Intention dan Habit. Dalam faktor moderasi, Gender tidak memoderasi pengaruh faktor apapun, sedangkan moderasi Age hanya berpengaruh kepada Price Value terhadap Behavioral Intention saja. Disarankan bahwa Tiket.com harus bisa terus mempertahankan minat pengguna untuk bisa terus menggunakan layanannya dengan mempertimbangkan semua faktor-faktor yang ada dalam UTAUT 2 agar bisa memberikan pelayanan website serta produk berkualitas tinggi