open access

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis UKM di Sentra UKM Fashion Kota Depok. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisis menggunakan analisis situasi internal-ekternal, penggabungan dengan menggunakan matriks IE, dan perumusan strategi dengan menggunakan SWOT. Serangkaian analisis situasi terhadap lingkungan bisnis dan penggabungan menggunakan matrik IE diperoleh pemahaman bahwa UMKM fashion kota depok berada pada kuadran ke-2 di matrik IE dengan rekomendasi strategi umum pertahankan dan pelihara (hold and maintenance). Sedangkan analisis menggunakan SWOT diperoleh beberapa rekomendasi strategi yang lebih spesifik yakni citra perusahaan dimata konsumen, memperkuat kapabilitas digital, memperkuat jaringan yang sudah ada dan menambah jaringan baru dengan berbagai macam pihak, meningkatkan modal kerja untuk pembiayaan operasional dan memperluas distribusi, peningkatan Kualitas SDM perusahaan dan pengembangan karyawan, memperluas pasar yang sudah ada, melakukan perencanaan produksi dan efisiensi biaya