open access

Abstract

Di era new normal koperasi diharapkan dapat terus kreatif dan responsif dalam
menjalankan bisnis usahanya. Melalui modernisasi koperasi dengan memanfaatkan
teknologi digital menjadi strategi inovasi untuk mencapai efisiensi dan aktivitas
layanan koperasi. Koperasi modern juga harus memiliki skala usaha dan kapasitas
produksi besar, melakukan sinergi antar pihak berbasis ekosistem, serta dikelola
oleh manajemen profesional. Koperasi pasar bisa jadi role model koperasi modern.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang
mempengaruhi kinerja Koperasi Himpunan Pedagang Pasar Cikapundung
(KOHIPPCI) mengidentifikasi posisi koperasi dengan analisis matriks internal
eksternal, grand strategy matrix, GE matriks, BCG matriks, dan TOWS matriks,
serta menemukan alternatif strategi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan
kinerja koperasi tersebut. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif
dengan analisis SWOT yang dikembangkan untuk mengidentifikasi Strategic
Factor Analysis Summary (SFAS). Hasil penelitian menunjukkan ada banyak
kekuatan dan kelemahan dari lingkungan internal serta peluang dan ancaman dari
faktor eksternal terhadap KOHIPPCI. Meski demikian, KOHIPPCI masih mampu
mengelola faktor-faktor tersebut yang ditunjukkan dengan posisinya pada kelompok
tumbuh dan bangun pada matriks internal eksternal serta kuadran I grand strategy
matrix, GE matriks di kuadran V dan BCG matriks di posisi cash flow.