Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur

  • mutia dewi
Keywords: Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, dan Kepuasan Pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Populasi yang digunakan adalah pasien pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik dan sampel yang digunakan sebanyak 92 orang. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda KP = 2,479 + 0,261BF + 0,112K + 0,372DT + 0,022J + 0,122E dapat dinyatakan variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,589 atau sebesar 58,9% variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati memberikan pengaruh terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik.

 

References

Hartono, Bambang. 2010. Manajemen Pemasaran untuk Rumah Sakit. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, Ali. 2010. Marketing Bank Syariah. Jakarta: Media Presindo.

Huda, Nuh, Rinda Mustika Ningrum dan Wwik Liestyaningrum. 2014. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan BPJS terhadap Kepuasan Pasien di Poli Klinik THT Rumkital Dr. Ramelan Surabaya.

Istijanto, 2005. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Khasanah, Imroatul dan Octarina Dina Pertiwi. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen RS. St. Elisabeth Semarang. Jurnal Manajemen. Vol 12 No 2.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Noor, Juliansyah. 2014. Analisis Data Penelitian Ekonomi dan Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Ningrum, Rinda Mustika. 2014. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan BPJS

terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik THT Rumah Sakit Dr. Ramelan Surabaya. Jurnal Ekonomi

dan Bisnis. Vol 1 No 1.

Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Layanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2010. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing in Business. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2013. Metode Penelitian Ekonomi. Jakarta: Caps

Tjiptono, Fandy. 2008. Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.

______________, Gregorius, Chandra dan Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Umar, Husein. 2005. Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

_____________. 2008. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Published
2016-11-15
How to Cite
dewi, mutia. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 535-544. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/79