Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Populasi yang digunakan adalah pasien pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik dan sampel yang digunakan sebanyak 92 orang. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda KP = 2,479 + 0,261BF + 0,112K + 0,372DT + 0,022J + 0,122E dapat dinyatakan variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,589 atau sebesar 58,9% variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati memberikan pengaruh terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik.
References
Hartono, Bambang. 2010. Manajemen Pemasaran untuk Rumah Sakit. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan, Ali. 2010. Marketing Bank Syariah. Jakarta: Media Presindo.
Huda, Nuh, Rinda Mustika Ningrum dan Wwik Liestyaningrum. 2014. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan BPJS terhadap Kepuasan Pasien di Poli Klinik THT Rumkital Dr. Ramelan Surabaya.
Istijanto, 2005. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Khasanah, Imroatul dan Octarina Dina Pertiwi. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen RS. St. Elisabeth Semarang. Jurnal Manajemen. Vol 12 No 2.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.
Noor, Juliansyah. 2014. Analisis Data Penelitian Ekonomi dan Manajemen. Jakarta: Grasindo.
Ningrum, Rinda Mustika. 2014. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan BPJS
terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik THT Rumah Sakit Dr. Ramelan Surabaya. Jurnal Ekonomi
dan Bisnis. Vol 1 No 1.
Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Layanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2010. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing in Business. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sugiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2013. Metode Penelitian Ekonomi. Jakarta: Caps
Tjiptono, Fandy. 2008. Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.
______________, Gregorius, Chandra dan Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Umar, Husein. 2005. Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
_____________. 2008. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).