PENGARUH PERSONAL SELLING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FITTING PIPA (ELBOW) PADA PT. SEKAWAN ABADI TEKNIK MEDAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa pengaruh personal selling dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian fitting pipa (elbow) studi kasus pada PT. Sekawan Abadi Teknik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deksriptif kuantitatif dan metode analisis regresi linier berganda. Populasi dama penelitian adalah merupakan toko-toko yang menjadi pelanggan perusahaan. Sampel penelitian ini berjumlah 83 toko yang berada di kota Medan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana nilai thitung 3,501 > ttabel 1,99 dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana nilai thitung 6,349 > ttabel 1,99 serta secara simultan juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian fitting pipa elbow. Implikasi dari penelitian ini bahwa PT. Sekawan Abadi Teknik harus meningkatkan kemampuan personal selling perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan dan menjaga kualitas produk sesuai yang dijanjikan sehingga dapat meningkatkan pembelian pelanggan.
References
Limakrisna, Nandan dan Wilhelmus Hary Susilo. 2012. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Nasution, M. N. 2010.Manajemen Jasa Terpadu. Cetakan Kedua, Bogor: Ghalia Indonesia.
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Sanusi, Anwar. 2011.Metodologi Penelitian Bisnis : Disertai Contoh Proposal Penelitian Bidang Ilmu Ekonomi Dan Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Setiadi, J. Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung :PT Alfabeta.
Sunyoto, Danang dan Fathonah Eka Susanti. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CAPS.
Torang, Syamsir. 2016. Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Bandung: CV. Alfabeta.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).