KETERTIBAN PARKIR DAN HUBUNGAN ANTARA FLUKTUASI PARKIR DENGAN TINGKAT PELAYANAN JALAN (Studi Kasus Jalan Muhammad Jam Banda Aceh)

(Studi Kasus Jalan Muhammad Jam Banda Aceh)

  • Zulfadhli Zulfadhli Universitas Samudra
Keywords: volume lalu lintas, volume parkir, kecepatan jalan, kepadatan jalan

Abstract

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana persentase kepatuhan pengguna lapangan parkir dan kecenderungan fluktuasi parkir dan hubungannya dengan Tingkat Pelayanan Jalan. Melalui pengambilan data volume lalu lintas yang diperoleh dilapangan dalam satuan mobil penumpang (smp), kecepatan, jumlah parkir dan load factor parkir, yang dilakukan melalui pengamatan selama satu hari penuh. Dari hasil pengamatan diperoleh nilai fluktuasi parkir tertinggi adalah 98 smp/jam, yang terjadi pada pukul 11.00-12.00 WIB. Fluktuasi volume lalu lintas tertinggi adalah 1164 smp jam dalam tiga lajur, yang terjadi pada pukul 9.00-10.00 WIB. Volume lalu lintas rata-rata 1002 kendaraan/jam, dan kecepatan lalu lintas rata-rata 32,36 km/jam, dengan kepadatan lalu lintas 31 kendaraan/km. Kondisi parkir di kiri dan kanan jalan menggunakan pias selebar 4 meter sehingga pada ruas jalan efektif 12 meter atau tiga lajur diperoleh kapasitas Jalan Muhammad Jam adalah 4787 smp/jam. Daya tampung parkir selama ini tidak mampu menampung kendaraan yang ada, ini ditunjukkan oleh Load factor parkir yang mencapai nilai 1.21 kali kapasitas parkir, dengan persentase ketertiban pengguna lapangan parkir 31.16%, yang menunjukkan penerapan marka parkir sekarang tidak efektif, dans mengakibatkan gangguan lalu lintas yang mengakibatkan Tingkat Pelayanan Jalan Muhammad Jam berada pada Tingkat Pelayanan Jalan D. Sebaiknya di Jl. Mohammad Jam untuk kendaraan mobil penumpang diterapkan sudut parkir 30°, dan dilakukan pembatasan keluar masuk mobil barang/truk, dengan jam operasional diarahkan pada malam hari, yaitu pukul 19.00 sampai dengan 6.00 WIB.

References

Abubakar, I, dkk, 1999, Rekayasa Lalu Lintas, Penerbit Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota Dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.
Bukhari, RA. dkk, 1997, Rekayasa Lalu Lintas, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh
Hobbs FD, 1995, Perencanaan Dan Teknik Lalu Lintas, Terjemahan Suprapto, Tm Dan Waldidjono, Gajah Mada University Pres. Jogjakarta.
Morlok, E.K, 1978, Pengantar Teknik Dan Perencanaan Transportasi, Terjemahan J.K Hainim, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Morlok, E.K. 1995, Pengantar Teknik Dan Perencanaan Transportasi, Terjemahan J.K Hainim, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Tamin, O.Z. 2000, Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Penerbit ITB, Bandung.
Published
2024-05-29
How to Cite
Zulfadhli, Z. (2024). KETERTIBAN PARKIR DAN HUBUNGAN ANTARA FLUKTUASI PARKIR DENGAN TINGKAT PELAYANAN JALAN (Studi Kasus Jalan Muhammad Jam Banda Aceh). Jurnal Media Teknik Sipil Samudra, 5(1), 32-41. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jmtss/article/view/10195
Section
Articles