KAJIAN PELAKSANAAN PENINGKATAN JALAN AREAL TUGU PARASAMYA GAMPONG UJONG KALAK KABUPATEN ACEH BARAT
Abstract
Kabupaten Aceh Barat mengalami perkembangan yang pesat, sehingga aktivitas transportasi semakin ramai. Untuk itu diperlukan sarana penunjang yang mendukung kegiatan masyarakat dalam beraktifitas melalui jalan yang memadai serta memiliki kondisi baik dan nyaman dilalui. Pada pekerjaan jalan areal tugu parasamya meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan lapis pondasi atas (LPA) kelas A dengan ketebalan 15 cm, dan pekerjaan perkerasan aspal lapis antara (AC –BC) dengan ketebalan 6 cm. Dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi jalan, tahapan yang dilalui berupa tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan serta tahapan pengendalian. Penelitian ini menggunakan metode observasi serta wawancara di lapangan bersama pihak-pihak yang terlibat dan juga mengumpulkan referensi berupa data pendukung. Dari hasil penelitian didapat panjang pekerjan sepanjang 134 m (STA 0+00 sampai dengan STA 0+134) dengan rincian biaya berupa pekerjaan persiapan dan peralatan sebesar Rp. 26.660.000,- biaya pekerjaan galian sebesar Rp 47.670.404,- biaya lapis pondasi atas sebesar Rp 111.703.749,- biaya lapis perkerasan sebesar Rp 253.795.919,-. Jadi total anggaran biaya tersebut adalah sebesar Rp 439.795.919 dengan PPN 10 % sehingga total keseluruhan anggaran sebesar Rp 483.775.000 dengan waktu pelaksanaan selama 150 hari kalender . Berdasarkan penelitian, waktu pelaksanaan sama dengan waktu realisasi dilapangan, dikarena kontraktor dapat mengelola waktu dengan baik dalam melaksanakan proyek tersebut.
References
Ismadarni. Risman. Muh, K. (2013) “Karakteritik Beton Aspal Lapis Pengikat ( Ac-Bc ) Yang,” Majalah Ilmiah Mektek.
Lalu,Mulyadi. Tiong, Iskandar. Muhammad, H. (2010) “FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP RENDAHNYA KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN,” Jurnal Info Mapro.
Latupeirissa, J. E. dan K.W, I. L. (2014) “Kajian Pelaksanaan Proyek Jalan Penghubung Desa X di Kabupaten Maluku Z,” Jurnal Teknik Sipil, 13, no 1, hal. 45–55.
Muryadi, R. dan Hendrayana, Y. (2019) “TINJAUAN PELAKSANAAN PEKERJAAN PENINGKATAN JALAN OVERLAY HOTMIX PADA RUAS JALAN GANDU - PANONGAN,” Jurnal Unma, hal. 218–225.
Nizam, M. K. dan Sastra, Ma. (2020) “Metode Pelaksanaan Pekerjaan Jalan (Studi Kasus : Jalan Pambang – Teluk Lancar Sta 1+600 – Sta 3+100),” Jurnal TeKLA, 2(2), hal. 81. doi: 10.35314/tekla.v2i2.1822.
Nova Nevila, R. (2007) “RISK ANALYSIS OF CONSTRUCTION PROJECTS ON THE AGE OF RAILWAY,” Ejournal Unigoro.
Rachmat, A., Sugiri, T. dan Ependi, P. (2019) “Mutu pada Proyek Konstruksi Jalan (Studi Kasus pada Proyek Konstruksi Jalan dengan Perkerasan Kaku di Kabupaten Bandung Barat),” JURNAL Techno - Socio Ekonomika, Edisi Khus(November).
Saodang, H. (2005) Konstruksi Jalan Raya, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.