Eksistensi Tradisi Manuk Sangkep Dalam Aspek Perkawinan Masyarakat Suku Karo di Desa Rumah Sumbul, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang

  • Medika Tarigan universitas samudra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi eksistensi radisi manuk sangkep dalam aspek perkawinan masyarakat suku Karo, yang merupakan suatu tradisi berupa makanan khas masyarakat karo yang menggunakan ayam sebagai bahan utamanya, dimana ayam dimasak secara utuh, yang  artinya daging ayam disusun kembali menyerupai wujud semula pada ayam  pada saat ayam tersebut sedang dimasak dan sudah dipotong-potong. Masyarakat Karo juga meyakini bahwa dari bentuk ayam yang disusun secara utuh dapat meberikan keutuhan juga bagi kehidupan masyarakat suku Karo. Hasil Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnohitoris, yang bertujuan untuk membahas  mengenai 1) asal usul keberadaan tradisi manuk sangkep pada masyarakat suku Karo Desa Rumah Sumbul 2).  Eksistensi tradisi manuk sangkep dalam aspek perkawinan yang bertujuan memepertahankan tradisi manuk sangkep tersebut dengan tujuan untuk  mewariskan budaya ke generasi berikutnya bagi masyarakat suku Karo.

References

Budhisantoso. 1982. Panel Etnohistori. Jakarta: Departemmen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Inventasisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional.

Giva.2023. “Tradisi Manuk Sangkep Pada Etnis Karo di Desa Perbarakan Kecamatan Pagar Merbau”. Jurnal Ilmu Pengetahuan, Sosial Budaya dan Kemasyarakatan.Vol 2 (1) 2023.

Made, Saihu. 2022. Eksistensi Manusia Sebagai Kajian dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam. Andaragogi.Vol 4 (2) 2022.

Nurul., Rezeki. 2023. Eksistensi Rakut Sitelu Dalam Penerapan Sistem Kekerabatan Masyarakat di Desa Sukanalu Kabupaten Karo.

Rahman. 2012. Tradisi Molonthalo di Gorontalo. Jurnal Al-Ulum.12. (2). Desember 2012.

Selly. 2018. Traisi Mukul Etnik Batak Karo: Kajian Semotik. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Septyani.2019. Informasi Budaya Suku Karo Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Vol. 8 (2) September 2019.

Servista. Nilai-nilai tradisi Manuk Sangkep Dalam Budaya Suku Karo Ditinjau. Dari presfektif Filosofis. Journal of Education Social Analysis. 2(4) 10-17

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif .dan R&D. Bandung:Alfabeta

Wawancara dengan, Pasti Barus, tanggal 07 januari 2024.

Published
2024-06-29
How to Cite
Tarigan, M. (2024). Eksistensi Tradisi Manuk Sangkep Dalam Aspek Perkawinan Masyarakat Suku Karo di Desa Rumah Sumbul, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 11(1), 21-30. https://doi.org/10.33059/jsnbl.v11i1.10258