PENGARUH TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4,0

  • Budiharto Budiharto Universitas Terbuka
  • Triyono Triyono UPBJJ-UT Semarang
  • Suparman Suparman UPBJJ-UT Semarang

Abstract

Indonesia dari waktu ke waktu semakin berpacu dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat di-zaman now ini, apalagi dalam era revolusi industri 4.0 ini. Banyak ketinggalan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang harus segera dicapai setelah kita ketinggalan jauh dari negara-negara baik ASEAN maupun negara maju lainnya. Kunci kemajuan suatu negara ada pada bidang pendidikan. Karenanya dengan memajukan dibidang pendidikan maka Indonesia dari waktu kewaktu  akan dapat sejajar dengan negara-negara lain didunia ini. Walaupun juga tidak kalah pentingnya dibidang lain selain pendidikan. Teknologi pendidikan dirancang untuk membantu memecahkan permasalahan pendidikan, sehingga mampu memberikan manfaat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Kualitas pendidikan akan tercapai bila kualitas pembelajaran terpenuhi. Pembelajaran melibatkan antara guru, siswa, kurikulum dan faktor lainnya seperti bahan ajar, media,internet, alat peraga, multi metode dan sebagainya. Karenanya sekolah harus memfasilitasi semua kebutuhan yang diperlukan dalam kelas pembelajaran. Dengan berbagai bentuk pengalaman belajar baik yang didapat didalam kelas maupun yang diluar kelas, dapat dikemas dengan memperhatikan kaidah serta prinsip teknologi pendidikan. Dengan memanfaatkan teknologi pendidikan/pembelajaran diharapkan pesan dapat dikemas lebih sistematik baik dalam kemasan fisik atau maya, yang tidak dibatasi lagi oleh dimensi ruang maupun waktu. Karenanya maka materi pelajaran akan mudah diterima dengan baik , mudah, menyenangkan dan fleksibel.Untuk itulah maka kaidah serta prinsip teknologi pendidikan seharusnya terimplementasi dalam seluruh proses pendidikan mata pelajaran, pengembangan diri dan menjadi budaya sekolah.

References

Daryanto, Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi Salma, 2004, Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta : CV Kencana
Sharon E, Smaldino, dkk,2011, Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar, Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Yusufhadi Miarso, dkk1984, Teknologi Komunikasi Pendidikan , Jakarta : CV Rajawali
Yusufhadi Miarso, 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Yusufhadi Miarso, 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan Jakarta : Kencana Prenada Media
http://mayasariyazid.blogspot.com/2018/04/peran-teknologi-pendidikan-pada.html
https://economy.okezone.com/read/2018/01/29/320/1851695/revolusi-industri-ke-4-di-depan-mata-ini-perjalanannya
khaerudin.psb@gmail.com , www.ilmupendidikan.net
https://news.okezone.com/read/2017/09/22/65/1781075/catat-hadapi-era-revolusi-industri-ke-4-ini-yang-harus-dilakukan-universitas-agar-tak-tertinggalhttps://ristekdikti.go.id/pengembangan-iptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-revolusi-industri-4-0-2/
http://suaramu.id/2018/03/08/guru-bagi-generasi-milenial-di-era-revolusi-industri-4-0/
http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/01/30/era-revolusi-industri-4-0-saatnya-generasi-millennial-menjadi-dosen-masa-depan/
Ari Septian, E-Learning : Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran Matematika http://jurnal dikti.go.id/jurnal/detil/id/0:239249/q/teknologi%20pembelajaran/offset/0/limit/15,
Puji Rahayu, Implementasi teknologi informasi, http://digilib.uin.suka.ac.id/id/eprint/6190,
Nely Sofa Penggunaan Media ICT, http: //digilib .uin.suka.ac.id/2462/1/BAB%20%DAFTAR%20PUSTAKApdf,
Published
2019-10-14
How to Cite
Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. (2019). PENGARUH TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4,0. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 6(2), 96-144. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/1629