PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Mustadi Mustadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Rantau Selamat semester II tahun pelajaran 2017-2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, pada masing-masing siklus, peneliti menggunakan beberapa prosedur penelitian meliputi, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian melalui tes hasil belajar siswa, observasi aktivitas guru, dan aktivitas siswa yang digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah dilakukan tindakan. Hasil belajar siswa dapat dinyatakan berhasil bila hasil belajar telah mencapai KKM sebesar 70. Secara klasikal suatu kelas telah tuntas belajar bila mencapai ketuntasan klasikal sebesar 85%. Dengan diterapkannya Model Pembelajaran Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu ) nilai rata-rata siswa berjumlah 69 dan ketuntasan belajar mencapai 71%. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 61 dan ketuntasan belajar baru 38%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa mencapai 78 dan ketuntasan belajar mencapai 86%. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal ini menunjukkan pencapaian yang melampaui indikator keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan sebesar 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi mobilitas sosial siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Rantau Selamat semester II tahun pelajaran 2017-2018.

References

Al-Muchtar, J. 2007. Pengajaran Discovery. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah, Program Pascasarjana, University Press.
Djamarah, S.B. 2008. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hasoubah, I Z. 2007. Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Bandung: Nuansa.
Ibrahim, M. 2012. Model Pembelajaran Discovery. Surabaya: Unesa University Press.
Nur, M. 2011. Model Pembelajaran Penemuan. Surabaya: Unesa Press.
Nurhadi. 2006. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rusdiyanta, S.S. 2009. Dasar-Dasar Sosiologi. Jakarta: Graha Ilmu.
Safarina. 2011. Sosiologi Pendidikan: Individu, Masyarakat, dan Pendidikan. Cet. ke-2 (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A.M. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sudjatmiko, I.G. 2014. Stratifikasi dan Mobilitas Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Sulistyowati, B. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Cet. ke-45 (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Warsono & Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
2019-10-14