EFEKTIFITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Hafizah Hafizah

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika materi bangun ruang sisi lengkung melalui penerapan Pendekatan Contextual

Learning Kelas kelas IX-A semester I tahun pelajaran 2016/2017 di SMP Negeri 1 Peureulak Barat Kabupaten Aceh Timur. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai pendekatan atau metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilaksanakan adalah melalui penerapan Pendekatan Contextual Learning. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif serta hasil pengamatan kelas. Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 66 dan ketuntasan belajar mencapai 68%. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 59 dan ketuntasan belajar baru 32%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 73 dan ketuntasan belajar mencapai 91%.

References

Ahmadi, A. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Anshari, B. 2006. Strategi Pembelajaran Efektif. Banda Aceh. Depdikbud.
Arini, S. 2003. Proses Pembelajaran. Bandung: Tarsito.
Daradjat. 2005. Penggunaan Metode Pembelajaran. Jakarta: Sinar Dunia.
Fadil. M. 2000. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Hamalik, U. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hanilang. 2002. Studi Tentang Minat Siswa Terhadap Mata Pelajaran Biologi Pada SLTPN. Pangkajene. SkrIPAi. Makasar.
Lupriya. 2000. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia.
Muchtar, AK. 2006. Pendidikan Matematika I. Malang: Departemen Pendidikan.
Nurhadi. 2006. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Poedjiati, 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Media Prenada.
Sardiman. 1992. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Subarinah, S. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Steve, S. 2005. Matematika Praktis untuk Sekolah Lanjutan Pertama. Bandung; Rekarya Jaya.
Tabrani, M. 2006. Belajar Aktif Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Wasty. 2000. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: PT.Bina Aksara.
Published
2019-10-14