PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR

  • Nilawati Nilawati

Abstract

Proses Pembelajaran IPA yang berlangsung di kelas V SDN Cot Keh Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur tahun pelajaran 2017-2018 masih berjalan secara monoton dimana saat guru menerangkan masih menggunakan metode konvensional dan siswa hanya mendengarkan dan mencatat saja dan kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada materi Benda dan Sifatnya. Pembelajaran yang berkutat pada buku teks pembelajaran ini dianggap kurang efektif dan mengakibatkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Penguasaan materi pada kondisi awal masih sangat rendah atau belum berhasil dengan baik. Dari 28 jumlah siswa hanya 12 siswa (42,86%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70 dengan nilai rata-rata 59,13. Untuk mengatasi permasalaha di atas, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan penerapan metode eksperimen. Dalam penerapannya peneliti mencoba pada mata pelajaran IPA materi Benda dan Sifatnya di kelas V semester I tahun pelajaran2017-2018 di SD Negeri Cot Keh Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 28 orang siswa terdiri dari 20 orang laki-laki dan 8 perempuan. Untuk mencapai hasil sesuai dengan  apa yang peneliti harapkan maka peneliti melaksanakanya dengan II (dua) siklus. Setiap siklus sebanyak 2 (dua) kali pertemuan selama lebih kurang 4 (empat) bulan. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan, pada siklus I (satu ) nilai rata- rata siswa berjumlah 70,71, dan ketuntasan belajar mencapai 71,43%,sedangkan pada siklus II (dua ) nilai rata-rata siswa 82,14 dan ketuntasan belajar mencapai 96,43%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA materi Benda dan Sifatnya dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Cot Keh Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur.

References

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi Kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdiknas
Djamarah. 2003. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Fathurrahman. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.
Rositawaty. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Jakarta Depdiknas.
Sagala. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Alfabeta
Syah. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Winarno. 2006. Pengantar Instruksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Wasih, Djojosoediro, 2008. Natural Science, Aplikasi dan Penerapannya. Jakarta: Kanisius.
Published
2019-10-14