EFEKTIFITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Asiah Johan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn pada materi Keberagaman Masyarakat Indonesia melalui penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas VII-A SMP Negeri 1 Peureulak Barat semester II Tahun Pelajaran 2017-2018. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai model atau metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).

Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif serta hasil pengamatan kelas. Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu ) nilai rata-rata siswa berjumlah 64 dan ketuntasan belajar mencapai 44%. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 54,8 dan ketuntasan belajar baru 28%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 79,2 dan ketuntasan belajar mencapai 92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran PPKn materi Keberagaman Masyarakat Indonesia berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa kelas VII-A semester II Tahun Pelajaran 2017-2018 di SMP Negeri 1 Peureulak Barat Kabupaten Aceh Timur.

References

Ahmadi, A. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Anshari, B. 2006. Strategi Pembelajaran Efektif. Banda Aceh. Depdikbud.
Arini, S. 2003. Proses Pembelajaran. Bandung: Tarsito.
Bestari, P. 2008. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran untuk SMP/MTS. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Catharina, A.T. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.
Daradjat. 2005. Penggunaan Metode Pembelajaran. Jakarta: Sinar Dunia.
Dewi, R.K. 2008. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran untuk SMP/MTS. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Fadil. M. 2000. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Lupriya. 2000. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia.
Nurhadi. 2006. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Poedjiati, 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Media Prenada.
Sarjan. 2008. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
Published
2019-10-13
How to Cite
Johan, A. (2019). EFEKTIFITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 6(2), 204-217. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/1636