PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KONSEP ENERGI GERAK

  • Junidar Junidar

Abstract

Dalam proses belajar pemilihan model pembelajaran sangat berperan penting dalam  membangun  minat belajar siswa agar tidak jenuh, oleh karena itu untuk mengantisipasi masalah tersebut, guru dituntut menemukan berbagai model pembelajaran yang digunakan untuk menarik perhatian siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi konsep energi gerak pada siswa kelas III SD Negeri 2 Alue Teh? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan Model Project Based Learning materi konsep energi gerak pada siswa kelas III SD Negeri 2 Alue Teh. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 2 Alue Teh yang berjumlah 28 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah memberikan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan lembar observasi. Dari 28 jumlah siswa hanya 9 siswa (32%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70 dengan nilai rata-rata 60. Dari data hasil penelitian terungkap bahwa pada siklus I (satu ) nilai rata-rata siswa berjumlah 69, ketuntasan belajar mencapai 54%, pencapaian nilai tersebut menunjukkan peningkatan dari perolehan nilai pada kondisi awal. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 77 dan ketuntasan belajar mencapai 92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Project Based learning pada pembelajaran IPA materi konsep energi gerak dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 2 Alue Teh Kabupaten Aceh Timur.

References

Ahmadi, A. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Choiril, A. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hosnan M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Istarani. 2014. Kumpulan 58 Model Pembelajaran Inovatif: CV. Iscom.
Nur, M. 2011. Model Pembelajaran Penemuan. Surabaya: Unesa Press.
Priyono, TS. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 3. Bandung: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. ISBN. 979-462-892-1.
Rostitawaty, S. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusat.
Sahabuddin. 2004. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Transito.
Samino dan Marsudi. 2012. Layanan Bimbingan Belajar. Solo: Fairus Media.
Sani, R. 2014. Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, N. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.
Suhartanti, D. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka pelajaran.
Wariyono, S. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Warsono & Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif: Teori dan Assesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
2019-10-13