IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Sri Aminah

Abstract

Penelitian tindakan kelas dua siklus ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks Deskriptif siswa melalui penggunaan Picture Word Inductive Model (PWIM). Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan dengan subjek 25 siswa. Ada dua jenis data yaitu data kualitatif yang diperoleh melalui observasi dan data kuantitatif dikumpulkan dari tes tulis. Hasil menunjukkan bahwa: pertama, Picture Word Inductive Model (PWIM) membantu siswa untuk menghasilkan dan mengatur gagasan dalam mengidentifikasi dan memberi label pada langkah gambar. Kedua, Picture Word Inductive Model (PWIM) memperkaya kosakata siswa dalam membaca dan mengulas kata gambar. Ketiga, Picture Word Inductive Model (PWIM) meningkatkan penguasaan tata bahasa siswa dengan menerapkan langkah-langkah yang menghasilkan kata-kata menjadi kalimat dan paragraf. Keempat, membaca dan mengkaji ulang kalimat dan langkah paragraf memungkinkan siswa untuk lebih memperhatikan aspek mekanis seperti ejaan dan tanda baca. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis siswa. Skor rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 66,4 dan pada siklus 2 adalah 73,8. Ketuntasan belajar siswa di siklus 1 adalah 48% dan siklus II sebesar 84%. Hasil observasi menunjukkan bahwa setelah belajar dan mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Picture Word Inductive Model (PWIM), siswa menjadi lebih penuh perhatian, aktif, lebih bahagia dan dapat menarik minat siswa di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-C SMPN 1 Sungai Raya Semester Genap tahun pelajaran 2017-2018.

References

Calhoun, F. 1999. Teaching Beginning Reading and Writing with the Picture Word Inductive Model. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development
Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar: Garis –Garis Besar Program Pengajaran Kelas IV Sekolah Dasar: Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi BP3SD.
Hopkins. D, 1994. Teacher Guide Classroom Research 2.Ns.Ed.Buckingham Philadelphia Open University Press.
Ibrahim. M. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Tarsito.
Joyce, B.W. 2011. Model’s of Teaching: Model-model Pembelajaran. Terj. Fawaid, A. & Mirza, A. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajahmada University Press.
Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa
Tarigan. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Tri Murni, 2008 Modul Pengajaran Bahasa Inggris, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru(PLPG) Rayon 01 Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh
Published
2019-10-14
How to Cite
Aminah, S. (2019). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 6(2), 191-203. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/1641