ANALISIS PENERAPAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA XI IPS 1 SMA NEGERI 2 LANGSA

  • Wulan Hadis Syawaluddin Mahasiswa

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini ialah (1). Untuk mengetahui proses peningkatan pembelajaran sejarah melalui metode karyawisata siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Langsa, (2). Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penggunaan metode karyawisata pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Langsa. Informan adalah Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Langsa, Waka Kurikulum, Guru mata pelajaran sejarah, siswa SMA Negeri 2 Langsa serta Kasi Kesejarahan (pengelola peninggalan sejarah). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi peninggalan sejarah yang ada di kota langsa dapat dikatakan sudah layak digunakan sebagai sumber belajar siswa di sekolah. Peningkatan pembelajaran sejarah melalui metode karyawisata, siswa XI IPS 1 sebelum diterapkannya metode karyawisata nilai rata-rata siswa 32% dan setelah diterapkannya metode karyawisata nilai rata-rata siswa XI IPS 1 dinyatakan meningkat 86% dilihat dari hasil jawaban soal yang
diberikan oleh guru mata pelajaran sebelum dan sesudah penerapan. Kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan metode karyawisata ialah kendala ditransportasi, waktu, biaya, dan pengawasan guru.

References

Nursanjaya dan Amiruddin.2010.Rancanagan Penelitian Tindakan Dalam Bidang Pendidikan & Sosial. Bandung: Citapustaka Media
Rachmatsyah. 2014. Menelaah Jejak Sejarah Langsa. Langsa.
Roestiyah.2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ruswandi.2013.Psikologi Pembelajaran.Bandung:CV.Cipta Pesona Sejahtera
Sobry Sutikno. 2009. Belajar Dan Pembelajaran (Upaya Kreatif Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Berhasil).Bandung.
Published
2020-11-22