EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR

  • hamdani hamdani SD Negeri Bagok Panah Peut, Kec. Darul Aman, Kab. Aceh Timur

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada materi Konduktor dan Isolator melalui penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning di kelas VI SD Negeri Bagok Panah Peut semester I Tahun Pelajaran 2017-2018. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai model atau metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan penggunaan Metode Model Pembelajaran Problem Based Learning. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif serta hasil pengamatan kelas. Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 64,4 dan ketuntasan belajar mencapai 44%. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 52,8 dan ketuntasan belajar baru 24%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 79,2 dan ketuntasan belajar mencapai 96%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPA materi Konduktor dan Isolator dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Bagok Panah Peut semester I Tahun Pelajaran 2017-2018.

Published
2020-11-22