PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • faridah faridah SMP Negeri 1 Birem Bayeun

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran IPA pada materi zat aditif dalam makanan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. Penulisan makalah ini merupakan hasil dari Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 15 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran discovery learning, ternyata hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklusnya. Penguasaan materi pada kondisi awal masih sangat rendah atau belum berhasil dengan baik. Dari 24 jumlah siswa hanya 9 siswa (37.5%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70 dengan nilai rata-rata 60. Dari data hasil penelitian terungkap bahwa pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 69, ketuntasan belajar mencapai 62.5%, pencapaian nilai tersebut menunjukkan peningkatan dari perolehan nilai pada kondisi awal. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 79 dan ketuntasan belajar mencapai 92%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran IPA materi zat aditif dalam makanan dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII semester I tahun pelajaran 2019-2020 SMP Negeri 1 Birem Bayeun Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur.

Published
2020-11-22