PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • nurhabibah nurhabibah SMP Negeri 1 Sungai Raya, Kec. Sungai Raya, Kab. Aceh Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA khususnya kelas VIII dengan menggunakan metode eksperimen pada materi Fotosintesis di kelas VIII semester I tahun pelajaran 2017-2018 pada SMP Negeri 3 Birem Bayeun. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 14 orang siswa Untuk mencapai hasil sesuai dengan  apa yang peneliti harapkan maka peneliti melaksanakanya dengan II (dua) siklus. Setiap siklus sebanyak 2 (dua) kali pertemuan selama lebih kurang 3 (tiga) bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode eksperimen terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil tes akhir belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 69 sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata 78, dari penelitian tersebut terjadi peningkatan yang cukup berarti dan memuaskan serta tingkat ketuntasan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pada siklus I sebesar 71.4% dan ketuntasan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pada siklus II meningkat sebesar 92.9%. Hal ini berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa dan aktifitas proses pembelajaran para peserta didik setelah dilakukan penelitian tindakan kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dan memuaskan setelah melakukan penelitian ini dibandingkan sebelumnya. Selain itu terjadi perubahan tingkat keaktifan siswa yang tinggi dan penelitian ini dianggap berhasil dengan baik.

Published
2020-11-22