IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • srizulaiha lubis SMP Negeri 1 Sungai Raya, Kec. Sungai Raya, Kab. Aceh Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran Matematika pada materi bangun ruang sisi datar melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VIII-1 semester II tahun pelajaran 2017-2018 SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Aceh Timur. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai model dan metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif dan hasil pengamatan kelas. Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 68 dan ketuntasan belajar mencapai 63% sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 77 dan ketuntasan belajar mencapai 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran Matematika materi bangun ruang sisi datar dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-1 semester II tahun pelajaran 2017-2018 SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Aceh Timur.

Published
2020-11-16