PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • suhadi suhadi SMP Negeri 3 Birem Bayeun

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA dalam materi sistem peredaran darah manusia melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning  di kelas VIII SMP Negeri 3 Birem Bayeun semester I Tahun Pelajaran 2019-2020. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 21 siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif serta hasil pengamatan kelas. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 69 dan ketuntasan belajar siswa telah mencapai 71%. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 61 dan ketuntasan belajar baru 38%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa sebesar 78 dan ketuntasan belajar mencapai 86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran IPA materi Sistem Peredaran Manusia dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Birem Bayeun semester I Tahun Pelajaran 2019-2020.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Materi Sistem Peredaran Darah Manusia, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Published
2020-11-25