IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • cut asriati cut asriati SMP Negeri 1 Julok

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika materi Statistika melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Kelas kelas VIII-2 semester II tahun pelajaran 2017-2018 di SMP Negeri 1 Julok Kabupaten Aceh Timur. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai pendekatan atau metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilaksanakan adalah melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif serta hasil pengamatan kelas. Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 66 dan ketuntasan belajar mencapai 68%. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 59 dan ketuntasan belajar baru 32%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 73 dan ketuntasan belajar mencapai 91%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran Matematika materi Statistika berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa kelas VIII-2 semester II tahun pelajaran 2017-2018 di SMP Negeri 1 Julok Kabupaten Aceh Timur.

Published
2021-04-25
How to Cite
cut asriati, cut asriati. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 8(01), 33-45. https://doi.org/10.33059/jsnbl.v8i01.3177