EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • azizah azizah SMP Negeri 2 Julok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping siswa kelas VIII-B semester I di SMP Negeri 2 Julok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, pada masing-masing siklus, peneliti menggunakan beberapa prosedur penelitian meliputi, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian melalui tes hasil belajar siswa, observasi aktivitas guru, dan aktivitas siswa yang digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah dilakukan tindakan. Penelitian ini dapat dinyatakan berhasil bila hasil belajar siswa telah mencapai KKM sebesar 70. Secara klasikal suatu kelas telah tuntas belajar bila mencapai ketuntasan klasikal sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 69 dan ketuntasan belajar mencapai 71%. Pencapaian tersebut menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 61 dan ketuntasan belajar baru 40%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa mencapai 78 dan ketuntasan belajar mencapai 86%. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal ini menunjukkan pencapaian yang melampaui indikator keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan sebesar 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris materi recount text siswa kelas VIII-B semester I di SMP Negeri 2 Julok.

Published
2021-04-25
How to Cite
azizah, azizah. (2021). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 8(01), 121-132. https://doi.org/10.33059/jsnbl.v8i01.3223