PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • fauziah fauziah SMP Negeri 1 Darul Falah

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA dalam materi Cahaya dan Alat Optik melalui penerapan Metode Inquiry di kelas VIII SMP Negeri 1 Darul Falah semester II Tahun Pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 24 siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif serta hasil pengamatan kelas. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 64 dan ketuntasan belajar siswa telah mencapai 67%. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 58 dan ketuntasan belajar baru 29%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa sebesar 71 dan ketuntasan belajar mencapai 92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Metode Inquiry pada pembelajaran IPA materi Cahaya dan Alat Optik dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Darul Falah semester II Tahun Pelajaran 2018-2019.

Published
2021-04-24
How to Cite
fauziah, fauziah. (2021). PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 8(01), 91-100. https://doi.org/10.33059/jsnbl.v8i01.3414