PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

  • Arbaiyah Arbaiyah SD Negeri 3 Ranto Peureulak

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada materi Konduktor dan Isolator melalui penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry di kelas VI-B SD Negeri 3 Ranto Peureulak semester II Tahun Pelajaran 2020-2021. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai model atau metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif serta hasil pengamatan kelas. Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang diharapkan yaitu meningkatnya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I (satu) nilai rata-rata siswa berjumlah 64,4 dan ketuntasan belajar mencapai 44%. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 52,8 dan ketuntasan belajar baru 24%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 79,2 dan ketuntasan belajar mencapai 96%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry pada pembelajaran IPA materi Konduktor dan Isolator dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VI-B SD Negeri 3 Ranto Peureulak semester II Tahun Pelajaran 2020-2021.

Published
2022-10-12
How to Cite
Arbaiyah, A. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 9(2), 282-292. https://doi.org/10.33059/jsnbl.v10i2.6349