PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Fauziah Fauziah SD Negeri 3 Ranto Peureulak

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada materi benda dan sifatnya melalui penggunaan Metode Eksperimen di Kelas V-A SD Negeri 3 Ranto Peureulak semester II Tahun Pelajaran 2020-2021. Manfaat penelitian ini untuk menambah referensi dan teori baru dalam bidang pendidikan terutama dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan berbagai model atau metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan penggunaan Metode Eksperimen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang datanya bersumber dari tes formatif serta hasil pengamatan kelas. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 28 orang pada Kelas V-A. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar serta lembar observasi. Dari hasil tes siklus I, menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa berjumlah 67,5 dan ketuntasan belajar mencapai 60,71%. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari kondisi awal yang nilai rata-ratanya hanya 59,2 dan ketuntasan belajar baru 39,14%. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata-rata siswa 79,2 dan ketuntasan belajar mencapai 92,86%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA khususnya materi “benda dan sifatnya” bagi siswa Kelas V-A semester II SD Negeri 3 Ranto Peureulak Tahun Pelajaran 2020-2021.

Published
2022-10-12
How to Cite
Fauziah, F. (2022). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 9(2), 255-264. https://doi.org/10.33059/jsnbl.v10i2.6350