open access

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis efIsiensi pemasaran kerang tiram di Desa Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai April 2018. Metode penelitian menggunakan metode survei. Objek dalam penelitian ini dibatasi pada nelayan kerang tiram dan lembaga pemasaran yang terlibat dalam kegiatan pemasaran kerang tiram di Desa Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Ruang lingkup penelitian ini meliputi efisiensi pemasaran kerang tiram di Desa Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Pengambilan sampel menggunakan metode snowball sampling. Berdasarkan hasil analisis, nilai efisiensi pemasaran kerang tiram di Desa Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa pada saluran I sebesar 21 % dan nilai efesiensi pemasaran pada saluran II sebesar 10 %, sehingga dapat disimpilkan bahwa kedua saluran pemasaran kerang tiram di Desa Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa sudah efisien.