open access

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pola saluran pemasaran pisang barangan di Kecamatan Ranto Peureulak Kabupaten Aceh Timur, untuk menganalisis besarnya biaya dan margin pemasaran pisang barangan di Kecamatan Ranto Peureulak Kabupaten Aceh Timur dan untuk mengetahui efesiensi pemasaran pisang barangan di Kecamatan Ranto Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Ranto Peureulak Kabupaten Aceh Timur Provinsi Aceh dengan pertimbangan bahwa merupakan salah satu daerah penghasil pisang barangan serta dalam proses pemasarannya terlibat lembaga pemasaran. Objek penelitian ini adalah lembaga pemasaran yang terlibat di dalam proses pemasaran. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada biaya pemasaran, margin pemasaran, dan efesiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 macam pola saluran pemasaran pisang barangan di daerah penelitian yaitu: pertama pola saluran pemasaran I terdiri dari petani, agen desa, agen kecamatan pedagang  pengecer konsumen, kedua pola saluran pemasaran II terdiri dari petani, agen kecamatan, pedagang  pengecer, konsumen, ketiga pola saluran pemasaran III terdiri dari petani, pedagang pengecer, konsumen. Rata-rata biaya pemasaran pisang barangan pada saluran I sebesar Rp. 1.256/sisir, pada saluran II sebesar Rp. 738/sisir dan pada saluran III sebsar Rp. 317/sisir. Rata-rata margin pemasaran pisang barangan di Kecamatan Ranto Peureulak pada saluran pemasaran I diperoleh oleh agen desa sebesar Rp. 1.582, agen kecamatan sebesar Rp. 582, dan pedagang pengecer sebesar Rp. 982. Saluran pemasaran II diperoleh oleh agen kecamatan sebesar Rp. 796 dan pedagang pengecer sebesar Rp. 1.324. Saluran pemasaran III diperoleh oleh pedagang pengecer sebesar Rp. 2.683. Rata-rata jumlah farmer’s share pada saluran III dapat dikatakan lebih efisien dari saluran lainnya karena bagian harga yang diterima oleh petani sebesar Rp. 5.000 atau 63% lebih besar dibandingkan dengan saluran pemasaran II yang diperoleh sebesar Rp. 4.500 atau 61%dan saluran pemasaran I sebesar Rp. 3.500 atau 44%.Jumlah total efisiensi pada saluran I sebesar 19,7%, saluran II sebesar 11,7% dan saluran III sebesar 4,0%. Saluran III merupakan saluran yang paling efisien.