open access

Abstract

Karuna Vegetarian Semarang adalah rumah makan yang menjual masakan berbahan dasar sayuran dan bahan nabati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, tingkat kepuasan konsumen dan kepuasan berdasarkan tingkat kesesuaian setiap indikator. Besar sampel konsumen ditentukan tabel Issac dan Michael dengan taraf signifikan 5%, yaitu sebanyak 72 orang. Pengambilan sampel ditentukan dengan accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif, Customer Satiafaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan karakteristik konsumen yang berkunjung adalah perempuan, usia 17 sampai 25 tahun, belum menikah, pegawai swasta, pendidikan terakhir sarjana dan memiliki rata-rata pendapatan perbulan sebesar Rp 1.500.001 sampai Rp 3.000.000. Hasil CSI sebesar 85,33% dengan kriteria sangat puas. Sedangkan kepuasan berdasarkan tingkat kesesuaian setiap indikator menggunakan metode IPA, memiliki nilai rata-rata sebesar 95,02% dengan kriteria sangat puas. Indikator yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kepuasan konsumen, diantaranya hidangan yang disajikan sesuai daftar menu, rasa minuman, aroma makanan, aroma minuman, macam produk minuman, ketersediaan menu makanan, ketersediaan menu minuman, porsi hidangan, harga terjangkau, harga sesuai porsi, potongan harga atau diskon.