PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 12 LANGSA

  • yanayuliana Universitas Samudra
Keywords: Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL), Kemampuan Pemahaman Matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian  eksperimen satu kelas. Sampel penelitian ini di kelas VII SMPN 12 Langsa yang berjumlah 20 siswa tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pre-test dan post-test/pasca-test. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh bahwa thitung = 9,87 dan  ttabel(0,05;19) = 2,09 sehingga  thitung > ttabel (9,87 > 2,09), maka dapat disimpulkan bahwa  terdapat peningkatan terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII SMPN 12 Langsa setelah diterapkan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL).

Published
2022-08-19
How to Cite
yanayuliana. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 12 LANGSA. Jurnal Dimensi Matematika, 5(01), 385-395. https://doi.org/10.33059/jdm.v5i01.4626