IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ENOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII-1 SMP Negeri 3 Darul Aman pada materi aritmetika sosial yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran berbasis etnomatematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Sampel penelitian di kelas VII-1 SMP Negeri 3 Darul Aman yang berjumlah 14 siswa tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pre-test dan post-test/ pasca-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa( =9,91>ttabel(0,05;13)=2,16) pada taraf signifikan 5%, artinya terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMP kelas VII-1 SMP Negeri 3 Darul Aman setelah menggunakan pembelajaran berbasis etnomatematika.