PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN CABRI 3D PADA MATERI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMAN 2 KEJURUAN MUDA
Abstract
Kemampuan komunikasi merupakan salah satu aspek penting untuk dikembangkan. Namun kenyataan di lapangan kemampuan komunikasi masih rendah. Untuk itu, perlu adanya suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa terutama pada materi geometri. Salah satu pembelajaran yang efektif digunakan adalah pembelajarandengan model Brain-Based Learning (BBL) berbasis pendekatan
saintifik dengan Cabri 3D. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan pembelajaran dengan model Brain-Based Learning (BBL) berbasis pendekatan saintifik dengan Cabri 3D terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Negeri 2 Kejuruan Muda, Aceh Tamiang. Dua kelas dipilih sebagai sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes Kemampuan Komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Brain-Based Learning (BBL) berbasis pendekatan saintifik dengan Cabri 3D lebih baik untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan siswa yang belajar melalui pembelajaran Saintifik. Dengan demikian, pembelajaran dengan model Brain-Based Learning (BBL) berbasis pendekatan saintifik dengan Cabri 3D lebih baik untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan siswa yang belajar melalui pembelajaran Saintifik.