ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI STATISTIKA

  • Y. Febrina, M. Zaki, & R. Amalia universitas samudra

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa SMP Negeri 2 Langsa dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skills pada materi statistika yang ditinjau dari soal analisis, soal evaluasi, dan soal mencipta serta faktor-faktor apa saja yang membuat siswa keliru dalam menyelesaikan soal HOTS. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Langsa yang berjumlah 15 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skills (HOTS). Dari Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata kemampuan HOTS siswa di bagian menganalisis (analyze) sudah di kriteria cukup yaitu 58,88%, dan pada bagian mengevaluasi (evaluate) masih di kriteria cukup yaitu, 41,67%, begitu juga pada bagian mencipta (create) masih di kriteria lemah yaitu, 35,18%. faktor yang menyebabkan siswa keliru dalam menyelesaikan soal high order thinking meliputi: belum pernah menyelesaikan soal berbasis HOTS berdasarkan hasil tes dan wawancara, kurangnya pemahaman siswa terhadap soal, kurang teliti dalam proses pengerjaan soal, serta tidak maksimal selama proses pembelajaran yang berlangsung.

Diterbitkan
2019-12-02