Analisis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Pembelajaran Papan Permainan Evaluasi Trigonometri

  • Usep Kosasih Universitas Islam Nusantara
  • Isna Fitriana Universitas Islam Nusantara
  • Samnur Saputra Universitas Islam Nusantara
  • Abdul Wahid SMA KP 1 Paseh, Majalaya
Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, papan permainan evaluasi trigonometri

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anggapan peserta didik yang menyatakan matematika merupakan pelajaran yang menyeramkan dan membuat kejenuhan sehingga muncul persepsi negatif peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Salah satu cara dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan media permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik yang belajar melalui papan permainan evaluasi trigonometri ditinjau dari kemampuan berpikir kritis, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap evaluasi pembelajaran melalui papan permainan evaluasi trigonometri dan untuk mengetahui bagaimana kepraktisan implementasi papan permainan evaluasi trigonometri pada pembelajaran trigonometri. Penelitian ini termasuk penelitian kualitataif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA salah satu sekolah di kota Bandung tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 34 peserta didik diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes akhir yang berjumlah tiga butir soal, angket, validasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang belajar melalui papan permainan evaluasi trigonometri ditinjau dari kemampuan berpikir kritis tergolong pada katagori sangat baik, Respon peserta didik terhadap evaluasi pembelajaran melalui papan permainan evaluasi trigonometri tergolong pada katagori sangat positif dan Evaluasi pembelajaran melalui papan permainan evaluasi trigonometri berjalan dengan sangat baik.

Diterbitkan
2022-08-30