ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 LANGSA

ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 LANGSA

  • Lailissaadah Universitas Samudra
Kata Kunci: Macromedia Flash, Pemahaman Matematis

Abstrak

Media pembelajaran yang digunakan oleh siswa terkesan monoton, kurang menarik, dan kurang inovatif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika, terutama pada materi kubus dan balok. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat pemahaman matematis siswa dengan menggunakan bantuan media pembelajaran berbasis teknologi yaitu Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII/5 SMP Negeri 3 Langsa yang berjumlah 30 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah pemahaman matematis siswa dengan menggunakan Macromedia flash. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap tingkat ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal pada siklus I berjumlah 57%, dan pada siklus II meningkat menjadi 67%, dan pada siklus III semakin meningkat menjadi 83%. Penulis menganalisis hasil tes siklus untuk mengetahui tingkat pemahaman matematis siswa dengan tingkat pemahaman matematis pada siklus I 57%, pada siklus II 67%, pada siklus III 83%. dari hasil persentase di atas menunjukkan bahwa tiap siklus ada peningkatan pada pemahaman matematis siswa kelas VIII/5 SMP Negeri 3 Langsa khususnya pada materi kubus dan balok. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Macromedia Flash dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas VIII/5 SMP Negeri 3 Langsa.

Diterbitkan
2022-08-19