ANALISIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN LOGARITMA MELALUI PERMAINAN PEMBELAJARAN TIC-TAC-LOG

  • Usep Kosasih Universitas Islam Nusantara
Kata Kunci: Critical thinking, tic-tac-log, logarithm

Abstrak

Siswa perlu memiliki kemampuan berpikir kritis agar bisa mencari solusi dalam masalah personal ataupun sosial dalam kehidupannya. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berproses untuk memecahkan masalah dengan cara terbaik sesuai pengalaman dan fakta yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam berpikir kritis melalui permainan pembelajaran tic-tac-log. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 salah satu SMA di Kabupaten Bandung tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 31 siswa. Instrumen kemampuan berpikir kritis dikembangkan dari kemampuan berpikir kritis Facione. Instrumen berupa 3 soal uraian kemampuan berpikir kritis materi logaritma yang masing-masing soal terdiri dari aspek interpretasi, analisis, dan evaluasi. Analisis dilakukan terhadap jawaban siswa dan dikategorikan ke dalam 5 kategori, yaitu sangat tinggi, tinggi, cukup, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa tinggi.

Diterbitkan
2022-12-02