PENGEMBANGAN MODUL AJAR BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLES TERKAIT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

  • Asep Rahmat Maulana Universitas Islam Nusantara
Kata Kunci: Metode Example Non Example, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dan Respon Siswa.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah metode example non-examples. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keabsahan modul ajar, keefektifan desain modul ajar, kepraktisan desain modul ajar, dan untuk meningkatkan respon setelah menggunakan metode example non-examples. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan Design-Based-Research (DBR). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nur Rohmah Kota Bandung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tes formatif, angket, lembar observasi, dan modul pembelajaran. Dalam penelitian ini diperoleh data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes formatif, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil lembar observasi, angket dan modul ajar. Teknik analisis data dilakukan dengan melihat rata-rata dan persentase data. Hasil analisis menyimpulkan bahwa metode example non-examples berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Selain itu, siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan metode non-example.

Referensi

Eka, K & Ridwan, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2021). Tentang Sekolah Penggerak.Nomor 162/M/2021.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research.Enschede. Netherlands Institute for Curriculum Development.

Prastowo, Andi. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variable-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan
2022-12-06