Analisis Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Big Five Personality
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan tipe kepribadian Big Five yaitu tipe kepribadian Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness dan Neuroticism. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tipe kepribadian Big Five, tes tulis dalam bentuk essay. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa yang dipilih dari 29 siswa yang ada dengan teknik purposive sampling. Data analisis angket yang mewakili tipe kerpibadian dihitung untuk menentukan tipe kepribadian yang dominan pada siswa, setelahnya dilakukan tes kemampuan berpikir kritis matematis pada 10 siswa untuk dianalisis sebagai data klasifikasi tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa. dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan tipe kepribadian Openness memenuhi karakteristik kemampuan berpikir kritis tinggi. (2) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan tipe kepribadian Conscientiousness memenuhi karakteristik tingkat kemampuan berpikir sangat kritis tinggi. (3) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan tipe kepribadian Extraversion memenuhi karakteristik tingkat kemampuan berpikir kritis tinggi. (4) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan tipe kepribadian Agreeableness memenuhi karakteristik tingkat kemampuan berpikir kritis tinggi. (5) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan tipe kepribadian Neuroticism memenuhi karakteristik tingkat kemampuan berpikir kritis sedang. (6) Tipe kepribadian dengan karakteristik kemampuan berpikir kritis sangat tinggi dalam pembelajaran matematika adalah tipe kerpribadian Conscientiousness