PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ZOOM MEETING DAN WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN SPLDV KELAS X MIPA MA SIRNAMISKIN KOTA BANDUNG

  • Asep Martoya Universitas Islam Nusantara
Kata Kunci: Media Zoom Meeting, Whatsapp, Hasil Belajar, Motivasi Siswa.

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Zoom Meeting dan Whatsapp terhadap hasil belajar dan motivasi siswa dan dampaknya terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Sirnamiskin Kota Bandung. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan rancangan penelitian Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control-Group Design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X- MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian untuk mengukur hasil belajar dan angket untuk mengukur motivasi siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif berupa uji deskriptif statistik, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rerata. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Zoom Meeting lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang hanya menggunakan WhatsApp group. Hal tersebut terlihat dari nilai data yang diperoleh berdistribusi normal dan nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen 74,47 lebih besar daripada kelas kontrol 68,82. Dengan kata lain, penggunaan media Zoom meeting lebih efektif terhadap hasil belajar dan motivasi siswa matematika peserta didik dibandingkan dengan menggunakan WhatsApp Group. Selain itu, diketahui juga bahwa motivasi belajar siswa setelah penggunaan media Zoom Meeting termasuk kategori cukup tinggi dengan skor 58,26.

 

Kata Kunci: Media Zoom Meeting, Whatsapp, Hasil Belajar, Motivasi Siswa.

Referensi

A. M., Sardiman. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Abdurrahman, Mulyono. (2012). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ali, M. Ibrahim, R. Sukmadinata, N S.. Sudjana, D. Rasyidin W. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung. Pedagogiana Press.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian-Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Brahma, Ismail Akbar. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi pada Mahasiswa PPKn di STKIP Kusumanegara Jakarta, Jurnal Ilmu pendidikan Nonformal AKSARA, Vol 6 No. 2

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, Moedjiono. (1993). Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaraan. Jakarta: PT Rinike Cipta

Effendy D. (2006). Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Irisan Bidang dengan Bangun Ruang pada Siswa Kelas X-5 Sma Negeri 1 Sidoarjo. Laporan Penelitian Tindakan Kelas Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Gagne, Briggs, dan Wagner dalam Udin S, Winataputra. (2008). Pengertian Pembelajaran. UPI (2013)

Hariun, Yahya. (2020). Evaluasi dan Penilaian dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.

Haryanti. (2019). Peningkatan hasil Belajar Asam Basa Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Siswa Kelas XI Ipa. Jurnal Pendidikan Empirisme. Vol 6 Edisi 30.

Haryono. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Indonesia.

Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Janah, Putri Zakiyatul. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran zooming Presentation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Konsep Suhu dan Klor, Pendidikan Fisika FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Vol VI No.2

John M. Keller,Mulyono Abdurrahman. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Levie, W. H. and Lentz, R.. (1982). Effects of text illustrations: a review of research. Educational Communication and Technology Journal, 30: 195-232.

Makmun, Abin Syamsuddin. (2012). Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Martini, Noywuli dkk. (2021). Membangun Pembelajaran Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka di perguruan Tinggi- Pemanfaatan Kemajuan Teknologi Melalui Aplikasi Zoom pada Pembelajaran OnLine di PT. Bandung. Penerbit CV. Media Sains Indonesia.

Masnur. (2009). Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah. Malang : Bumi Aksara.

Monica, Junita dan Dini Fitriawati. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pademi Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. IX No .2 Tahun 2020.

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(2), 155–165. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nata, Abudin. (2009). Perspektif Islam Tentang strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prendamedia Group.

Purwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakary

Puspitasari, Devi Brantaningtyas (2012). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklim Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. EMPHATY, 1(1).

Pustikayasa, I. M. Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu: (2019)

Rani Suryani, Fungsi Whatsapp Grup Shalihah Cabang Bandar Lampung Sebagai Pengembangan Media Dakwah Dalam Membentuk Akhlakul Karimah: (2017)

Ruseffendi, E. T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Tarsito

Sriyanti, Ika. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika, (Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Suardi. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Group Penerbitan CV Budi Utama.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, (2004) dalam http://www.sarjanaku.com/2011/03/pengertian-definisihasil-belajar.html

Sugiarto. (2020). Contextual Teaching and Learning (CTL)–Tingkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: CV Mine.

Suherman, E. dan Sukjaya. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sulastri, T. (2009). Analisis Kadar Tannin Ekstrak Air dan Ekstrak Etanol pada Biji Pinang Sirih (Areca catechu, L). Jurnal Chemica Vol.X(1): 59-63

Suprijono, Agus. (2016), Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya : Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori belajar & Pembelajaran di sekolah Dasar. Jakarta: PT. Prenadamedia Group.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Depdiknas

Winkel, WS. (1997). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasind

Zulaikha Nurul Iman. Penerapan Media Daring pada Pembelajaran. Bahasa indonesia di smp bustanul muta’allimin. (IAIN Tulung Agung: (2021)

Diterbitkan
2022-12-06