PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS PLATFORM ALEF EDUCATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Herawati Herawati MTsN 9 Aceh Timur
Kata Kunci: Blended Learning, Platform alef, Pembelajaran Matematika

Abstrak

 

ABSTRAK

Pada abad ini, proses pembelajaran konvensional di kelas telah kehilangan daya tariknya. Hal ini terjadi karena sebagian siswa meyakini bahwa dengan semakin tersedianya teknologi, maka proses dapat dilakukan secara online (e-learning). Agar dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi tanpa harus meninggalkan pembelajaran tatap muka, maka harus ada strategi penyelenggaraan pembelajaran, penyampaian pengajaran dan kualitas pengajaran yang tepat yaitu blended learning. Blended learning merupakan model pembelajaran yang menggabungkan keunggulan pembelajaran tatap muka dan e-learning. Melalui blended learning, interaksi dan komunikasi antara siswa dengan guru dapat di jalankan dengan dua arah, untuk mendukung pembelajaran blended learning di perlukan media online yang mendukung dan salah satu media online pembelajaran matematika adalah Platform alef dari perusahaan Alef Education yang berpusat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Platform ini dapat di gunakan di pergunakan siswa Indonesia berkat Kerjasama Kementrian Agama Republik Indonesia dengan pemerintah Uni Emirat Arab. Platform Alef dapat dipadukan dengan model pembelajaran blended learning karena dapat digunakan secara tatap muka dan juga secara daring (e-Learning). Tujuan penulisan artikel kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran blended learning dengan platform Alef Education. Metode yang digunakan merupakan metode deskriptif dengan studi yang mengaitkan kajian dari berbagai literatur. Pada akhirnya, diharapkan kajian ini dapat dimanfaatkan dalam pengembangan pembelajaran matematika.

Referensi

Arundati, S. (2021). Alef Platform, Platform Berbasis AI untuk Siswa Madrasah Belajar Matematika. Diakses pada 26 Juli 2021,dari https://www.cloudcomputing.id/berita/alef-platform-ai-untuk-belajar-matematika

Driscoll, M. (2002). Blended learning: Let’s get beyond the hype. E-learning, 1(4), 1-4.

Education, Alef. (2021). Fitur Lengkap Platform Alef Dari Alef Education Untuk Pembelajaran Campuran. Diakses pada 2 November 2021, https://alef.co.id/fitur-lengkap-platform-alef-dari-alef-education-untuk-pembelajaran-campuran/

Graham,C.,Allen,S.,&Ure,D. (2005). Benefits And Challenges of Blended Learning En vironments. In M. Khosrow Pour (Ed.). Encyclopedia of information science and technology I-V. Hershey, PA: Idea Group Inc.

Husamah. (2014). Pembelajaran bauran (blended learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-To-Face, E- learning Offline-Online, dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kunandar. (2009). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Nikmawati, I. S. (2014). Korelasi Gaya Belajar Siswa Kelas VII dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Sekolah Mepnengah Pertama (SMP) Islam Durenan Trenggalek.

Rahayu & Nuryata. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.

Sari, M. (2016). Blended learning, model pembelajaran abad ke-21 di perguruan tinggi. Ta'dib, 17(2), 126-136.

Surahman, E., & Alfindasari, D. (2017). Developing adaptive mobile learning with the principle of coherence Mayer on biology subjects of high school to support the open and distance education. In 3rd International Conference on Education and Training (ICET 2017). Atlantis Press.

Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wilkinson, R. & Lancaster, T. (2014). Meningkatkan motivasi siswa menggunakan teknologi dalam disiplin STEM. Akademi Pendidikan Tinggi,.

Yandri, D.D (2022). Alef Education perpanjang kerja sama pembelajaran digital gratis dengan Kementerian Agama RI. Diakses pada 9 Agustus 2022, dari https://tirto.id/alef-education-perpanjang-program-belajar-digital-dengan-kemenag-guXw

Diterbitkan
2022-12-24