KECERDASAN EMOSIONAL SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA di MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 ACEH TIMUR

  • iqbal MTsN 9 Aceh Timur
Kata Kunci: Kecerdasan, Emosional, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Kecerdasan emosional berkontribusi dalam pembelajaran. Karena memberikan implikasi terhadap pencapaian hasil belajar. Kecerdasan emosional berupa kemampuan siswa dalam memahami emosi diri, mengelola emosi diri, empati kepada sesama, motivasi diri, dan hubungan dengan sesama di dalam pembelajaran matematika. Peneliti menemukan ada siswa yang cerdas secara intelektual tetapi hasil belajar rendah.  Rendahnya hasil belajar memantik peneliti melakukan observasi dan menemukan suatu jawaban bahwa selain kecerdasan intelektual ada faktor lain yang mesti dimiliki siswa saat belajar matematika yaitu kecerdasan emosional. Tujuan penelitian untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII-1 MTsN 9 Aceh Timur tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang berisi pernyataan tentang kecerdasan emosional yang terdiri dari 5 indikator yaitu memahami emosi diri, mengelola emosi diri, empati, memotivasi diri, hubungan dengan sesama. Kuesioner kecerdasan emosional terdiri dari 20 pernyataan. Berdasarkan data kuesioner dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional pada pembelajaran matematika secara akumulasi sebesar 76.7 % berada pada kriteria sangat baik. Secara persentase dapat dideskripsikan bahwa untuk indikator mengenali emosi diri siswa sebesar 72.8% dengan kriteria baik, mengelola emosi diri siswa sebesar 74.6% dengan kriteria baik, memotivasi diri siswa 78.2% dengan kriteria sangat baik, empati siswa terhadap orang lain (temannya) sebesar 80.3% dengan kriteria sangat baik, dan hubungan siswa dengan oranglain (temannya) sebesar 77.5% dengan kriteria baik

Referensi

Arizah, M. (2015). Pengembangan Karakter Peserta Didik Melalui Pemahaman Kecerdasan Emosional. Prosiding Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Baturaja, tanggal 25 Mei 2015. Penerbit: Yayasan Pendidikan Sebimbing Sekundang, Sumatera Selatan

Efendi, A. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 (93-196) ISSN: 2356-3133 E-ISSN: 2548-9062 DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Goleman, D. (2002). Kecerdasan Emosional Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Alih bahasa: Alex Tri Kantjono Widodo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Goleman, D. (2012). Emotional Intellegence. Gramedia Pustaka Utama.

Handayani, D., Septhiani, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri Tehadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika. P-ISSN: 2614-3038 E-ISSN: 2579-9258 Vol 05 No 02 pp. 1352-1358

Lase, S. (2018). Hubungan Antara Motivasi Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Warta Edisi 56 ISSN: 1829-7463 E-ISSN: 2716-3083 DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i56.15

Ramadhani, dkk. (2016). “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palu”. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Vol 3 No 2 ISSN: 318-324

Riyanto, S., dkk. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang manajemen, Teknik, pendidikan, dan eksperimen). Penerbit: Deepublish, Yogyakarta.

Rusydi, A, dkk. (2018). Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). CV. Widya Puspita, Medan.

Sasabilla, S., Az-Zafi, A. (2020). Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan danPembelajaran Dasar. Vol 7 No 1 ISSN: 2355-1925 E-ISSN: 2589-8915. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6240

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit: Alfabeta Bandung

Thaib, N. E. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Vol. XIII No. 2 (384-399) P-ISSN: 1411-612X E-ISSN: 2355-6129

Umriyati. (2015). “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Matematika di SMP PGRI Sedati”. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol. 3 No. 1, ISSN: 2337-8166

Rosida, V. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kela VII-2 SMP Negeri 1 Makassar. Jurnal Sainsmat ISSN: 2086-6755 Vol IV No 2 https://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat (87-101)

Yuberta. (2019). Pengaruh Math Anxiety Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa Berdasarkan Gender. Jurnal Agenda, Vol 1 No 1 P-ISSN: 2615-1502 E-ISSN: 2723-3278 DOI: http://dx.doi.org/10.31958/agenda.v2i1

Diterbitkan
2022-12-23