META-SINTESIS: PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HOTS

  • Tuti Haryati UNJ
Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Geogebra, High Order Thinking Skills (HOTS)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali pembelajaran matematika berbantuan geogebra dalam meningkatkan kemampuan High Order Thinking Skills siswa. Selain itu, artikel ini juga membahas kemampuan guru dan siswa dalam kemampuan HOTS dalam pembelajaran matematika tanpa bantuan geogebra. Geogebra digunakan untuk membantu proses belajar mengajar matematika untuk memudahkan siswa dalam memahami materi dan mengkonstruksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah meta sintesis sebagai systematic review kualitatif yakni dengan menganalisis sepuluh jurnal yang relevan dengan judul penelitian. pertama ialah merumuskan masalah penelitian, kemudian dilanjutkan dengan menelusuri penelitian-penelitian yang sudah ada dan relevan dengan judul penelitian yang selanjutnya dianalisis secara mendalam. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan non-tes dengan cara mengkaji penelitian terdahulu dengan masalah yang serupa sehingga diperoleh hasil dan kesimpulannya. Jurnal yang dianalisis dalam penelitian ini sebanyak sepuluh jurnal terakreditasi nasional yang membahas pembelajaran matematika berbantuan geogebra dan HOTS. Hasil analisis dari sepuluh jurnal terkait diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika berbantuan geogebra dapat meningkatkan kemampuan HOTS siswa. Guru harus meningkatkan pemahamannya terkit HOTS dan dibutuhkannya pelatihan desain rencana pelaksanaan pembelajaran serta pembuatan soal HOTS untuk guru dan mahasiswa.

Referensi

Agung, S., Ma’rufi, M. R., & Ilyas, M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Media Aplikasi Geogebra Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Skills Siswa. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(2), 194-210. http://repository.uncp.ac.id/5/

Badjeber, R & Purwaningrum, J.P. (2018). Pengembangan High Order Thinking Skill Skills dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 1(1), 36 – 43. https://unisa-palu.e-journal.id/gurutua/article/view/9

Badjeber, R., Nursupiamin, N., Wicaksono, A. & Mufidah, M. (2020). Profil Pengetahuan Guru Sekolah Dasar tentang High Order Thinking Skill Skill dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 133-144. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/1519

Francis, C., & Baldesari. (2006). Systematic Reviews of Qualitative Literature. Oxford: UK Cochrane Centre. Javascript:void(0)

Hendrastuti, Z. R., & Franita, Y. (2021). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis HOTS Bagi Guru Mts Di Kota Magelang. Journal of Community Service in Public Education (CSPE), 1(1), 35-41. https://103.108.191.100/index.php/cspe/article/view/21

Hohenwarter, M ., & Fuchs, K. (2004). Combination of dynamic geometry, algebra, and calculus in the software system GeoGebra. Tersedia di http://www.geogebra.org

Lihu, I., Marufi, M., & Ilyas, M. (2019). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skills Siwa Kelas VIII SMPN 6 Palopo. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 39-52. https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/222

Krisnawati,Y., Sampoerna, D.P., & Meiliasari, M. (2020). Meta – Sintesis : Penggunaan Design Research dengan Pendekatan Matematika Realistik dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman dan Motivasi Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2075-2085. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/873

Nur, F. (2017). Pengembangan bahan ajar matematika kelas VII SMP berdasarkan model pembelajaran Kolb-Knisley berbantuan geogebra sebagai upaya meningkatkan higher-order thinking skill dan apresiasi siswa terhadap matematika. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(1), 96-109. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2853

OECD, 2019. PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing., Paris https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.

Purwasih, R., Sariningsih, R., & Sari, I. P. (2020). Self efficacy terhadap kemampuan high order thinking mathematics siswa melalui pembelajaran berbantuan softwere geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 166-173. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2663

Suherman, dkk (2020). Improving High Order Thinking Skill skills (hots) with project-based learning (JPL) model assisted by GeoGebra. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1467, No. 1, p. 012027). IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1467/1/012027/meta

Paloloang, M. F. B., dkk (2020). Meta analisis: pengaruh problem-based learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia tujuh tahun terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851-864. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3049

Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(4), 436-446. https://core.ac.uk/download/pdf/296286972.pdf

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25336

Diterbitkan
2022-12-06