PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MICROSOFT EXCEL PADA PEMBELAJARAN STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMK BRIGJEND KATAMSO 2 MEDAN

  • Doni Irawan Saragih Universitas Potensi Utama
  • Muhammad Rizky Mazaly Universitas Potensi Utama
  • Ari Kurniawan Universitas Potensi Utama
Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Pemahaman Matematis.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman matematis siswa pada pembelajaran Statistika yang diajarkan melalui Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Microsoft Excel di SMK Brigjend Katamso 2 Medan. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII AK1 sebagai kelas eksperimen dan XII AK2 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan pemahaman matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa kelas eksperimen adalah 90.82 dan 77.34 untuk kelas kontrol.  Rata-rata hasil pre test kelas eksperimen adalah 75.00 dan 75.62 untuk kelas kontrol. Sedangkan rata-rata hasil post test kelas eksperimen adalah 90.82 dan 77.34 untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan, terlihat bahwa bahwa nilai sig.0.000 < 0.05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman matematis yang signifikan pada siswa SMK Brigjend Katamso 2 Medan sebelum dengan sesudah diterapkannya Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Microsoft Excel pada materi Statistika.

Referensi

Almulla, M.A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. Sage Journals, 10 (3), 1-15.

Helan, G.C.G, Resi, B.B.F, & Kelen, M.S.W. (2022). Analisis Pemahaman Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Research of Mathematics and Mathematics Education, 4 (2), 27-33.

Jusita, M.L. (2019). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 4 (2), 90-95.

Kamalia, F. F., Basir, M. A., & Ubaidah, N. (2020). Analisis Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3 (1), 28–35.

Kurtz, K. (2019). Project-Based Learning in High School Mathematics. Learning to Teach Language Arts, Mathematics, Science, and Social Studies Through Research and Practice, 8 (1), 66-71.

Natty, R.A, Kristin, F. & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3 (4), 1082-1092.

Nurfitriyanti. (2016). Model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Formatif, 6 (2), 149-160.

Rahayu, P.T. & Putri, R.I.I. (2021). Project-Based Mathematics Learning: Fruit Salad Recipes In Junior High School. Journal on Mathematics Education, 12 (1), 181-198.

Ratnasari, dkk. (2018). Project Based Learning (PjBL) Model on the Mathematical Representation Ability. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 3 (1), 47-53.

Saragih, D.I & Surya, E. (2017). Analysis the Effectiveness of Mathematics Learning Using Contextual Learning Model. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34 (1), 135-143.

Saragih, D.I., Minarni, A., & Mukhtar. (2018). Differences Between Student’s Mathematical Problem Solving Ability and Learning Motivation Taught By Using Geogebra-Assisted Cooperative and Contextual Learning Model. Advances in Social Sciences Research Journal, 5 (10), 256-265.

Utami, T, Kristin, F. dan Anugraheni, I (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2 (6), 541-552.

Diterbitkan
2022-12-31