Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi FPB dan KPK di Kelas IV-A SD Negeri Tangsi Lama Kabupaten Aceh Tamiang

  • nurdin SD Negeri Tangsi Lama Aceh Tamiang
Kata Kunci: FPB dan KPK, Hasil Belajar, Jigsaw

Abstrak

 Tujuan dari penelitian ini adalah: “Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV-A SD Negeri Tangsi Lama Kabupaten Aceh Tamiang Tahun Pelajaran 2016/2017 Pada Materi FPB dan KPK Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw”. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV-A SD Negeri Tangsi Lama Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang Tahun Pelajaran 2016/2017. Data yang diperoleh berupa hasil tes Formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1)“Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi FPB dan KPK di Kelas IV-A SD Negeri Tangsi Lama Tahun 2016/2017.” (2) Hal tersebut diperoleh nilai rata-rata partisipasi aktif siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 60 sedangkan pada siklus I pertemuan kedua nilai rata-rata siswa sebesar 70, dan pada siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata siswa sebesar 75, sedangkan pada siklus II pertemuan kedua nilai rata-rata siswa sebesar 85. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 62%, siklus I pertemuan kedua sebesar 73%, dan pada siklus II pertemuan pertama persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 81%, persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II pertemuan kedua sebesar 92%.

Referensi

Akhmad Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan. Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Gagne, dkk. (2003). Pengertian Pembelajaran. Dalam Winataputra S. Putra. Teori Belajar dan Pembelajaran. Hlm. 18-21. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Herman, Hudoyo, 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
Isjoni. (2019). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Istarani. (2014). Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suherti, Euis & Rohimah, Siti Maryam. (2016). Bahan Ajar Mata Kuliah Pembelajaran
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning (cara efektif dan menyenangkan pacu prestasi seluruh peserta didik). Bandung: Nusa Media.
Sri Wardani. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika SD. Bahan Ajar disampaikan pada TOT Instruktur Matematika SD.Yogyakarta: PPPG Matematika.
Van den Heuvel-Panhuizen. 1998. Realistic Mathematics Education Work in. Progress. Norway : Faculty of Mathematics and Science.
Yamin, Martinis. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Grup.
Diterbitkan
2023-03-26