Analisis Keterampilan Inkuiri Guru Fisika SMA Kota Langsa

  • Nurmala Sari Pendidikan Fisika, Universitas Samudra
  • Hendri Saputra Pendidikan Fisika, Universitas Samudra
  • Dona Mustika Pendidikan Fisika, Universitas Samudra
Keywords: Inkuiri, Keterampilan Inkuiri, Persepsi

Abstract

Inkuiri belum diimplementasikan oleh guru di sekolah, khususnya guru fisika SMA Kota Langsa. Penelitian terdahulu menyebutkan bahwa penyebab tidak diimplementasikan pembelajaran inkuiri, salah satunya karena membutuhkan banyak waktu, serta kurangnya pemahaman/penguasaan langkah-langkah inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan inkuiri guru fisika SMA kota Langsa. Metode yang digunakan yaitu jenis metode deskripif-kuantitatif, dengan instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Sampel penelitian dengan teknik sampling jenuh berjumlah 15 guru. Hasil yang diperoleh pada penelitian ialah: (1) kemampuan inquiry skills guru dalam kategori tinggi yaitu sebesar 65,55%, (2) persepsi guru terhadap pemahaman inkuiri sebesar 78,94% dengan kategori memahami, (3) analisis hubungan antara kemampuan inquiry skills dengan persepsi terhadap pemahaman inkuiri menghasilkan indeks uji Kendall Tau dengan hasil korelasi sebesar 0,92 dalam kategori hubungan sangat kuat.

Published
2024-08-16
How to Cite
Sari, N., Saputra, H., & Mustika, D. (2024). Analisis Keterampilan Inkuiri Guru Fisika SMA Kota Langsa. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 7(01), 27-36. https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v7i01.10437